International General Lecture : Program Studi Teknik Pertanian (TEP) Fakultas Teknologi Pertanian UNUD

Setelah menyelenggarakan workshop tentang pengembangan blended learning menggunakan Moodle-LEMS di pertengahan bulan Januari 2019, dan menjelang memasuki periode perkuliahan regular minggu depan, PS. Teknik Pertanian (TEP), Fakultas Teknologi Pertanian membuat acara pemanasan berupa “International General Lecture”: The Role of Robotics, Mechatronic, and Computers on Agricultural and Food Industries. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 1 Pebruari 2019, di Gedung Pascasarjana, Kampus Sudirman.


Pemilihan tema kuliah umum ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran tentang sejauh mana posisi bidang ilmu teknik pertanian (agricultural engineering) dan akan menuju kemana dalam rangka menjawab tantangan pertanian dan industri pangan di Era Industri 4.0. Kehadiran tiga orang dosen tamu dari Motech Universiti Malaysia Peril (UNiMAP) difasilitasi oleh Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna W., M.App.Sc, Ph.D, salah satu professor dan kepala laboratorium PS. Teknik Pertanian (TEP). Hadir sebanyak 65 orang peserta terdiri dari dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian untuk mendengarkan sub topic perkuliahan, yaitu topic 1: Air Conditioning Systems Technology for Spesific Application, topic 2 : Artificial olfaction : The Future Smells Good. 



Koprodi PS. Teknik Pertanian, Dr.Ir. I Wayan Widia, MSIE mengatakan bahwa peserta sangat antusias mendengarkan perkuliahan oleh dosen tamu dari universitas di Malaysia yang meraih bintang 3 (tiga) Akreditasi Internasional QS-STARS. Mereka menjelaskan tentang cara pengaplikasian Artificial intelegence, Robotic development, Data science, internet of things, Bio technology, dan penggunaan Drone untuk memecahkan persoalan-persoalan di bidang pertanian dan industri pangan khususnya di Asia. Opening Speech diberikan oleh Wakil Dekan Akademik dan Perencaaan, Fakultas Teknologi Pertanian, Prof.Ir. I Nyoman Semadi Antara, MS, Ph.D dan akan memfasilitasi kerjasama lebih lanjut di bidang pertukaran dosen dan mahasiswa, kolaborasi penelitian dan seminar serta pengembangan institusi lainnya antara Motech Univeristi Malaysia Peril dengan Universitas Udayana. Acara kuliah umum ini diakhiri dengan penyerahan penghargaan berupa piagam dan cendramata oleh Koprodi kepada tiga (3) orang profesor dari Malaysia yang telah membagikan pengetahuan dan pengalamannya di Universitas Udayana.