LATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA (LKMM) DAN SOFTSKILL 2019

Kegiatan LKMM & Soft Skill 2019 ditujukan kepada seluruh mahasiswa baru atau mahasiswa angkatan termuda di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana dan masing-masing angkatan atas yang belum mengikuti kegiatan LKMM dan Softskill ini. Adapun jumlah peserta yang mengikuti LKMM dan Softskill 2019 berjumlah 160 orang.


Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) dan Soft Skill 2019 dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Maret hingga Sabtu, 16 Maret 2019 di areal Wisma Nangun Kerti, Singaraja dan wilayah sekitar Candi Kuning, Bedugul-Tabanan.

Tema untuk kegiatan LKMM dan Soft Skill 2019 ini adalah “SOLID” (Solidarity, Outstanding, Leadership, Integrity, Dare to be a Leader) dengan penjabaran dari tema tersebut adalah:
Melalui LKMM dan Soft Skill 2019 Fakultas Teknologi Pertanian, kita wujudkan mahasiswa yang memiliki rasa solidaritas, berjiwa pemimpin, berintegritas, serta berani untuk menjadi pemimpin.”

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu :
1) Pra-Acara
 Kegiatan Pra-Acara terdiri dari sosialisasi dan pembekalan terkait materi sesuai ketentuan yang telah disusun kepada peserta LKMM dan Soft Skill 2019.
Tujuan:
• Memberikan gambaran pada mahasiswa terkait materi yang akan diberikan untuk pegangan selama kegiatan LKMM dan Soft Skill 2019.
•Mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis dan ilmiah serta kemampuan untuk mengemukakan pendapat juga berdiskusi dengan baik.
2) Hari H-Acara
Kegiatan Hari-H Acara terdiri dari pemberian materi kepada peserta, debat, penampilan hiburan, turun ke lapangan, malam renungan, dan games ilmiah yang disesuaikan dengan jadwal kegiatan oleh panitia LKMM & Soft Skill 2019.
Tujuan:
• Menstimulus peserta agar menumbuhkan rasa untuk berani memimpin atau dipimpin serta melatih public speaking peserta.
• Melatih kemampuan berpikir kritis dan ilmiah peserta untuk berargumen di depan umum.
• Mengaplikasikan materi pembekalan yang telah diberikan untuk memanajemen dan mengasah soft skill peserta saat eksekusi acara dan kedepannya.
• Memperkuat solidaritas dan internal antar peserta, panitia dan komponen pendukung lainnya (dosen, pegawai, dll).
3) Pasca-Acara
    Kegiatan Pasca-acara terdiri dari presentasi produk yang telah dikerjakan peserta dengan media power point presentation dan video pembuatan produk.
Tujuan:
• Melanjutkan kegiatan setelah pra-acara dan hari h-acara serta untuk melatih public speaking peserta dalam kegiatan presentasi.
• Melatih kerjasama dan solidaritas antar anggota kelompok didalam maupun keluar kelompok.
• Melatih manajemen dan soft skill mahasiswa.