SEMNAS ONLINE

Seminar Nasional Online Teknologi Pertanian dengan tema "Inovasi Agroindustri dalam Menunjang Pencapaian Sustainable Development Goals" yang dilaksanakan hari ini (21/05/2021) secara daring dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof.Dr. Ir. I Ketut Satriawan, M.T.

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa agroindustri memiliki cakupan bidang yang cukup luas, salah satu fokusnya adalah pengolahan hasil pertanian secara berkelanjutan, melalui fokus tersebut tujuan SDGS (Sustainable Development Goals) nomor 2 yaitu mengurangi kelaparan dan meningkatkan ketahanan pangan sengat sekali bisa tercapai dengan kemajuan agroindustri. Usaha-usaha yang bisa dilakukan adalah pemenuhan kebutuhan pangan melalui konsumsi pangan lokal, hilirasi sumber daya lokal menjadi sumber makanan pokok pengganti nasi, misalnya dengan mengolahnya menjadi beras analog, penyediaan pangan alternatif seperti penggunaan tepung umbi-umbian hasil bumi Indonesia sebagai bahan baku gandum untuk mie, pasta, cookies dan roti, serta penyediaan pangan secara mandiri sebagai aplikasi ilmu agroindustri di tingkat keluarga.

Semnas Online Teknologi Pertanian yang dilaksanakan secara daring melalui room webex dan live pada chanel youtube Fakultas Teknologi Pertanian ini diikuti oleh 190 peserta dari berbagai instansi.
Semnas Online Teknologi Pertanian yang dimoderatori oleh Prof.Dr.Ir. I Nengah Kencana,M.S. dari Fakultas Teknologi Pertanian Unud ini menghadirkan 5 Pembicara, yaitu : Dr.rer.nat. Ignasius Radix AP Jati, S.TP.,MP dari Departemen Teknologi Pangan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dengan materi "Potensi Inovasi Pangan Berbasis Underutilized Cereals sebagai Pendukung Ketercapaian Sustainable Development Goals,
Dr. Nita Kuswardhani, S.TP.,M.Eng. dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian,Universitas Jember mebawakan materi "Analisa Rantai Pasok Penanganan Pasca Panen Tomat untuk Mendukung Tercapainya Sustainable Development Goals"
Dr. Ir. I Dewa Gde Mayun Permana,MS. dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana dengan materi "Potensi Lipase Biji-bijian dalam Pengembangan Agroindustri"
I Made Mahaputra Wijaya, Ph.D dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana dengan materi"Analisis Molekuler Menggunakan Spektroskopi FTIR"
Dr. Ir. Yohanes Setiyo, MP dari Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana dengan materi"Produktivitas dan Kualitas Kentang Konsumsi Hasil Budidaya Pada Perubahan Iklim Mikro"