Guna Menunjang Program MBKM, FTP Unud Libatkan Stakeholders Laksanakan FGD Re-Orientasi Kurikulum dan Peninjauan Visi Misi

`

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) laksanakan Focus Group Disscucssion (FGD) Re-Orientasi Kurikulum dan Peninjauan Visi Misi Pada Hari Selasa, 28 Juni 2022 di Ruang Nusantara Gedung Agrokompleks Lantai 4 Kampus Sudirman.

 

Kegiatan dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Ibu Dr. Sumiyati, S.TP., M.P., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Ketua Senat, Koordinator Unit dan Koordinator Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian, Stakeholders yaitu Bapak Agung Wedhatama yaitu Ketua Forum Petani Muda Bali P4S Petani Muda Keren, Bapak Ida Bagus Gunarthawa Founder Samsara Living Museum dan Bali Initiative Hub (Bithub) serta Bapak IGN Oka Pardita dari Kementerian Perindustrian Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar serta dihadiri oleh Seluruh Dosen Fakultas Teknologi Pertanian.

 

Kegiatan berisi pemaparan materi dari masing-masing stakeholders serta diskusi terkait Kurikulum yang dapat dikembangkan di FTP guna mendukung program MBKM. Bapak Bapak Agung Wedhatama selaku Ketua Forum Petani Muda Bali P4S Petani Muda Keren memberikan masukan yaitu sebaiknya mahasiswa diarahkan untuk menentukan pilihan terkait tujuan yang ingin dicapai dalam proses perkuliahan di FTP unud seperti akademisi, technopreneur, socialpreneur, entrepreneur ataukah peneliti, selain itu beliau juga memberikan masukan bahwa diperlukan pembekalan atau mata kuliah khusus terkait public speaking, digitalisasi dan content creator karena hal tersebut sangat diperlukan di dunia industry saat ini, ujarnya.

 

Bapak Ida Bagus Agung Gunarthawa Founder Samsara Living Museum dan Bali Initiative Hub (Bithub) juga menyetujui saran dari Bapak Agung Wedhatama, beliau juga mengatakan bahwa digitalisasi dan conten creator di era digital saat ini memang sangat diperlukan, selain itu beliau juga memberikan masukan bahwa dalam penyusunan kurikulum juga harus memperhatikan lintas sektor (pentahelix) seperti media, bisnis, masyarakat, pemerintah dan akademisi sehingga kedepannya dapat dikembangkan transdisciplinary research, ujarnya. Hal tersebut juga disetujui oleh IGN Oka Pardita narasumber dari Kementerian Perindustrian, Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar.

 

Selain itu pada kegiatan ini dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Magang antara Koordinator Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Dr. Ir. Ida Bagus Putu Gunadnya, M.S. dengan Bapak Agung Wedhatama Forum Petani Muda Bali P4S Petani Muda Keren dan pemberian kenang-kenangan kepada narasumber serta rekan-rekan stakeholders dari Forum Petani Muda Bali P4S Petani Muda Keren. Serta peninjauan Visi Misi Fakultas Teknologi Pertanian yang dilaksanakan oleh Tim Peninjau Visi Misi FTP Unud.

 

Ibu Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P. selaku ketua panitia berharap melalui kegiatan ini dapat membantu FTP Unud dalam melakukan Re-Orientasi Kurikulum dan Peninjauan Visi Misi sehingga kurikulum seluruh Program Studi di Lingkungan FTP Unud dapat disesuaikan dengan keperluan Industri guna menunjang Program MBKM.