Kolaborasi dengan PUI PT UGM, 4 Mahasiswa Teknologi Pangan Unud Kembangkan Produk Keju Probiotik

Melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka yang dimenangkan oleh Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana, telah dilaksanakan MBKM Riset (Student Research) oleh empat orang mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Angkatan 2020.

 

Program ini dilaksanakan di PUI PT (Pusat Unggulan IPTEKS Perguruan Tinggi Riset dan Aplikasi Probiotik Terpadu) Probiotik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta yang langsung didampingi dan dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, M.S selaku Ketua PUI PT UGM. Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan FTP Unud yang berkesempatan mengikuti program ini antara lain Made Justin Satria Wira Buana, Made Ayu Shintya Dewi, Grace Priciliadela Saragih, dan Kadek Ratih Paramita Wulandari yang merupakan mahasiswa bimbingan dari Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.,Sc.

 

Keempat mahasiswa tersebut berkesempatan dalam melakukan pengembangan produk probiotik. Adapun kegiatan-kegiatan yang dijalani selama mengikuti program student research yaitu penelitian, melakukan identifikasi bakteri kandidat probiotik, melakukan analisa potensi dan fungsionality probiotik, melakukan analisa potensi mikroba pada usus, melakukan pengembangan produk keju krim dan keju cheddar probiotik, melakukan pengembangan produk minuman susu fermentasi probiotik, melakukan analisis data menggunakan R-studio, serta melakukan uji manfaat probiotik untuk kesehatan. Selain itu, keempat mahasiswa yang lolos program Student Research juga mendapatkan benefit yaitu dikonversinya 20 sks sehingga bisa langsung berfokus pada Sidang Tugas Akhir.

 

Salah satu perwakilan mahasiswa yang akrab disapa Justin mengatakan bahwa pesan dan kesan selama mengikuti program ini yaitu program MBKM Riset (Student Research) PPKM Program Studi Teknologi Pangan ini merupakan peluang yang luar biasa untuk menjalin kerjasama antar program studi. Selain itu lewat program ini saya juga bisa saling bertukar informasi khususnya di dalam melakukan penelitian, membangun relasi, serta dapat memberikan inovasi baru di dalam penelitian yang dilakukan. Ia juga mengatakan turut bangga karena mendapatkan kesempatan mengikuti program ini, menurutnya program ini sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam meneliti, khususnya meneliti pengembangan produk probiotik, ujarnya.