Tingkatkan Produktivitas PKM di Prodi Teknologi Pangan, Himpunan Mahasiswa Selenggarakan SEFOLOGY 2023

Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan (HIMATEPA) telah menyelenggarakan kegiatan SEFOLOGY atau Scientific Event of Food Technology 2023. Kegiatan ini merupakan salah program kerja dibawah naungan Departemen Pendidikan dan Penalaran, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana.  Kegiatan ini terdiri dari 3 rangkaian besar yang dimulai dari Registasi Peserta dan Penugasan Peserta, Sefology Hari Pertama yang dilaksanakan pada Tanggal 26 Maret 2023 dan rangkaian terakhir dari kegiatan Sefology yaitu Sefology Hari Kedua yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2023 di Aula Nusantara Lt.4, Gedung Agrokompleks, Kampus Sudirman.

 

Tema dari kegiatan SEFOLOGY 2023 adalah “Bersinergi Mengevaluasi dan Membangkitkan Kembali Kreativitas Mahasiswa dalam Pembuatan PKM dengan INSPIRATIF (Intuitif, Positif, Rasional, Kritis, dan Inovatif) dalam Menyambut Era Society 5.0.” Kegiatan SEFOLOGY Hari Pertama berisi pemberian materi dan bincang santai yang diberikan oleh beberapa Narasumber, sedangkan SEFOLOGY Hari kedua berisikan Presentasi Proposal PKM dari 10 kelompok yang telah lolos ke tahap presentasi, Pengumuman PKM terbaik, serta Pengumuman Poster terbaik. Juri pada kegiatan SEFOLOGY hari Kedua terdiri dari Bapak Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, M.P., Ibu Dr. Ni Wayan Wisaniyasa, S.TP., M.P. dan Ibu Dr. Ir. Luh Putu Wrasiati, M.P. Adapun pemenang proposal terbaik pada SEFOLOGY 2023 adalah Kategori PKM K terbaik adalah Kelompok 3  dengan judul Potensi GREES Cookies Gluten Free Dengan Pemanfaatan Tepung Komposit Biji Labu Kuning Dan Nangka Sebagai Model Usaha; Kategori PKM PM diraih oleh Kelompok 7 dengan judul proposal Pemanfaatan Limbah Buah Salak Menjadi Ecoenzym Dengan Konsep Zero Waste Sebagai Alternatif Pupuk Non Subsidi Pada Petani Salak Desa Sibetan Karangasem; Kategori PKM RE diraih oleh Kelompok 11 dengan judul Potensi Si jolie sebagai penurun hyper glikemik dengan pemanfaatan ubi ungu dengan pemanis stevia; Kategori PKM PI diraih oleh Kelompok 19 dengan judul proposal Bright Utesil For Recycling And Fertilizing Food Waste dan Kategori PKM VGK diraih oleh Kelompok 21 dengan judul proposal yaitu Potensi Sorgum Sebagai Alternatif Pengganti Nasi Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Pangan.

 

Rizky Adi selaku Ketua Panitia Kegiatan SEFOLOGY 2023 melaporkan bahwa luaran yang diharapkan dari kegiatan ini yakni semakin banyak kreativitas mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian khususnya dari Program Studi Teknologi Pangan dalam bentuk Proposal PKM agar semakin banyak mahasiswa FTP yang memiliki kesempatan lolos dalam ajang PKM ke tahap universitas atau bahkan sampai ke tahap PIMNAS. Ia juga menekankan bahwa luaran yang diharapkan dari kegiatan ini sangat sejalan dengan tema kegiatan SEFOLOGY 2023, ujarnya.