Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana Melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemanfaatan Buah Jeruk dan Hasil Sampingnya di Desa Landih Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berkolaborasi dan tergabung dalam tim pengabdian Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana Sayi Hatiningsih, S.TP., M.Si., I Putu Gede Budisanjaya, S.TP., M.T., I Wayan Gede Sedana Yoga, S.TP., M.Agb., Luh Putu Trisna Darmayanti, S.Hut., M.P., Ainun Rofiq, dan I Made Mickey Yogi Ajna Karuna, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Bakti Ilmiah Sosial Mahasiswa (BISMA) dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemanfaatan Buah Jeruk dan Hasil Sampingnya di Desa Landih Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli” pada Jumat, 30 Agustus 2024 di Bale Banjar Desa Adat Palaktiying, Desa Landih Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.

 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Landih beserta jajarannya, perwakilan kelompok petani jeruk di Desa Landih Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D., beserta jajarannya, dosen, pegawai, dan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana.

 

Kegiatan ini meliputi pemaparan materi dan demonstrasi pembuatan produk oleh mahasiswa yang didampingi oleh dosen pada masing-masing program studi:

 

Ø Prodi Teknologi Pangan dengan materi “SEJOLI: Selai Jeruk Original Landih”

Ø Prodi Teknologi Industri Pertanian “LANDIH CLEANSCAPE: Pembersih Alami Berbahan Kulit Jeruk”

Ø Prodi Teknik Pertanian dan Biosistem dengan materi “Pemanfaatan Buah Jeruk dan Hasil Sampingnya Menjadi Kompos”

 

Kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih dan penanaman bunga di sekitar lokasi pengabdian yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana, dan kegiatan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan. Adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya para petani jeruk di Desa Landih, Bangli, dalam memanfaatkan buah jeruk dan hasil sampingnya menjadi aneka produk yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.