Kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dosen FTP Unud Beri Pendampingan pada Pelaku Ekonomi Kreatif Kota Denpasar

Realisasikan Kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Denpasar, tim dari Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana berikan pendampingan di Desa Padangsambian Kaja pada Tanggal 24 Mei 2024 yang dihadiri oleh pelaku ekonomi kreatif bidang kuliner Kota Denpasar.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah nilai jual dan umur simpan dari lele yang dihasilkan oleh pelaku ekonomi kreatif. Narasumber pelatihan merupakan Tim dari Dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang merupakan kolaborasi dosen dari ketiga program studi yang ada di FTP Unud yaitu Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb dan Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, S.TP., M.Sc yang merupakan Dosen dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Ibu I Desak Putu Kartika Pratiwi, S.TP., M.P. dan Ibu Putu Julyantika Nica Dewi, S.TP., M.TP. merupakan Dosen Program Studi Teknologi Pangan serta Bapak Ir. I Gusti Ketut Arya Arthawan, M.Fd.Eng yang merupakan Dosen Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem. Pendampingan Ekonomi Kreatif di bidang kuliner yang diadakan berupa pelatihan proses pengolahan ikan lele menjadi lele asap dan proses pengemasan produk lele asap yang dihasilkan.

 

Salah satu perwakilan Narasumber yaitu Ibu Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan pendampingan dan pelatihan yang pertama, menurut laporan dari beliau akan diadakan pelatihan selanjutnya dalam proses pengolahan lele tersebut menjadi beberapa produk olahan dan inovasi lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk, umur simpan produk serta meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif dalam mengolah ikan lele menjadi produk inovasi.