Kolaborasi Dengan DISPERINDAG Provinsi Bali dan BBPOM Denpasar, Dosen FTP Unud Dipercaya sebagai Tim Ahli Sertifikasi CPPOB pada UMKM di Sading

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali serta Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar telah melakukan Kegiatan Pendampingan Sertifikasi Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) di Sarijaya Bakery. Kegiatan ini dilaksanakan dari 1 Juli hingga 30 September 2024.

 

Sarijaya Bakery merupakan salah satu UMKM di Daerah Sading yang bergerak pada bisnis bakery. Tim Ahli pada kegiatan ini adalah Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb yang merupakan Dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian, FTP Unud beserta tim pada kegiatan pendampingan sertifikasi CPPOB di Sarijaya Bakery. Kegiatan yang telah terlaksana yaitu Melaksanakan Pendampingan Sertifikasi Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) hingga mendapatkan nomor ijin CPPOB dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar yang berlansung dari tanggal 1 Juli 2024 sampai dengan 30 September 2024, menyusun dokumen CPPOB dari 4 produk Sarijaya Bakery yaitu produk kue potong varian coklat, pandan, durian, dan ubi ungu. Output dari kegiatan ini yaitu Mendapatkan sertifikat CPPOB dari 4 produk Sarijaya Bakery yaitu produk kue potong varian coklat, pandan, durian, dan ubi ungu.

 

Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb selaku tim ahli melaporkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, UMKM Sarijaya Bakery sangat kooperatif dan semangat didampingi dalam pelaksanaan sertifikasi CPPOB, ia juga mengatakan sangat bangga dan senang sudah mulai banyak UMKM yang mau mengembangkan bisnis berbasis keamanan pangan sehingga bisnis dapat lebih berkembang dan dapat diedarkan ke seluruh Indonesia, ia juga berharap dengan sertifikasi yang didapat, income dan penjualan dari produk-produk Sarijaya Bakery dapat lebih meningkat dengan pesat. Selain itu, ia berharap semoga banyak UMKM lain yang mencontoh Sarijaya Bakery dalam melakukan sertifikasi CPPOB sehingga semakin banyak UMKM yang naik kelas dan mengembangkan bisnis kearah yang lebih profesional, ujarnya.